Sabtu, 22 Juni 2013

Nyetir Mobil

Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak cerdas.
— Dian Sastrowardoyo

Kira-kira itulah yang saya temukan ketika stalking beberapa postingan di tumblr dan saya sepakat dengan tulisan diatas...
pendidikan itu bukan hanya sebatas pada pendidikan formal SD, SMP, SMA, S1, S2, S3 tapi pendidikan informal juga penting...
saya pikir salah satu yang harus dimiliki wanita adalah keterampilan membawa kendaraan, baik itu motor atau mobil. kan gak lucu kalau nanti sudah punya anak, dan suami kita harus pergi ke kantor tapi masih di repotkan menjadi "ojek" keluarga. nganter anak ke sekola atau bahkan nganter istri ke kantor.
atau mungkin kalau misal punya suami yang harus pergi-pergi keluar kota, masa iya harus naik angkot (walaupun naik kendaraan umum juga punya nilai positif yaitu menghemat BBM dan polusi) ya tapi tetep aja wanita itu harus mandiri.
harus bisa fleksibel dan tidak 100% tergantung laki-laki...
(ini sebenernya mau cerita apa ya, kok melebar kemana-mana. hahaha)

well, intinya saya belajar nyetir mobil...
alasannya:
1. kyknya seneng sama bangga aja klo pas wisuda sarjana juga nambah satu kemampuan, bisa nyetir mobil (klo nyetir hati orang sih udah lama bisa. hahaha)
2. karena target saya adalah punya mobil sendiri sebelum anak pertama lahir (kalau dikasih rezeki punya mobil lebih cepat dari saat yang di targetkan juga gak apa-apa kok ya Allah :)  ). so, pasti saya memang harus bisa nyetir
3. saya sudah bosen setengah mati gak punya kerjaan setelah yudisium kelulusan. jadi sambil mengisi waktu luang ikutan khursus nyetir mobil.

hari pertama nyetir mobil, saya sudah wanti-wanti ke tutor saya agar sabar dalam mengajari saya. hahaha...
takutnya neurotransmitter saya agak telat jdi telat mikirnya juga...
kesan pertama saat mobil itu maju dgn saya di kursi kemudi, itu mobil kok rasanya belok belok mulu. gak mau jalan lurus. hahaha..

hari kedua nyetir mobil, tutor ganti. dan toturnya orang banyumas asli. nada bicaranya nyolot. agak bete tapi ya dinikmatin aja...
hahaha
daripada ntar gak fokus...
hari kedua, lebih dari tiga kali mobilnya mati gara-gara koplingnya diangkat sekaligus daaaann diklaksonin sama mobil belakang.
panik, stres, keringetan... tapi abis itu ketawa" sendiri ngebayangin kebodohannya...

hari ketiga bertekad lebih fokus (takutnya dapet tutor yg hari kedua. ntar di omelin lagi)..
alhamdulillah tutornya kembali sama tutor hari pertama.
klo bahasa salah satu temen di kampus, itu teknik setengah kopling (ga tau deh bahasa mobilnya apa)...
hari itu belajar setengah kopling dan pas belok hampir mau nambrak kakek-kakek yg naik sepeda.
hahaha..
tutornya udh agak panik, saya masih ketawa-ketawa aja...

hari keempat belajar berhenti di tanjakan...
dibwa muter baturraden..
dan ternyata mobilnya klo gak mundur, mesinnya mati. hahaha
udh gak terlalu panik tapi tetep keringetan.
tutornya juga gak ngomel-ngomel...
hahahaha..
seenggaknya hari ke empat klo berhenti trus maju lagi, gak mati mobilnya...
udah bisa ngira-ngira ngangkat kopling...

setelah tau rasanya nyetir mobil jadi lebih toleransi kalau lagi di jalan dan ketemu mobil yang agak lambat atau bahkan mati mesinnya...
lebih sabar juga klo ada cwek bawa mobil trus kyk pelan-pelan banget nyetir mobilnya...

sekarang klo berhenti di lampu merah dan sampingan sama mobil, suka refleks ngebayangin kaki si sopir mobil tsb...
ternyata tanggung jawab bawa mobil itu lebih besar dari motor.
pake motor, nyalip sana sini juga asal perhitungannya bagus, ya bisa jalan...
pake mobil beda cerita...
hehehe

Tidak ada komentar: